Berita Wabup Said Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi



Posted on: 17 Aug 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Kabupaten Boyolali berlangsung khidmat dan meriah. Agenda rutin tahunan yang digelar pada Sabtu (17/8/2019) ini dilaksanakan di Alun-alun Kidul Boyolali dengan inspektur upacara Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat.

Pada kesempatan tersebut, upacara juga dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Boyolali, anggota TNI dan Polri, anggota DPRD, unsur pelajar dan purnawirawan serta para pejuang veteran. Tepat pukul 10.00 WIB diawali dengan bunyi sirine yang menandai 74 tahun lalu pada jam yang sama, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan.

Dalam peringatan dengan tema Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, Indoensia Maju ini, juga dikibarkan bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Boyolali. Dalam kesempatan tersebut Paskibraka menampilkan variasi baris berbaris dengan kompak tegas dan rapi dalam formasi Paskibraka dalam tiga kelompok, yakni kelompok 17, 8 dan 45 yang menggambarkan tanggal kemerdekaan negara Indonesia.

Wabup Said dalam sambutannya mengatakan agar bersyukur dalam kemerdekaan yang diraih. Ungkapan syukur dilakukan dengan menjaga kemerdekaan oleh semua elemen masyarakat lintas generasi.

“Sekali lagi ini adalah wujud rasa terima kasih kita pada para pahlawan. 74 tahun lalu Proklamasi kemerdekaan dibacakan, diucapkan Proklamator kita Ir. Sukarno. Dalam semangat dalam menjaga kemerdekaan ini harus terus menerus kita tumbuhkan pada generasi kita,” tegasnya.

Wabup Said juga mengajar semua unsur di Boyolali untuk terlibat dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan.

“74 tahun ini menyatu dengan apa yang menjadi tujuan kita bersama membangun Boyolali. Yang terpenting adalah harmonisasi peran OPD satu sama lainnya berperan aktif secara keseluruhan. Seluruh komponen masyarakat Boyolali, ini adalah satu langkah kita bersama mewujudkan bagaimana menghadirkan SDM yang hebat dan tangguh di Kabupaten Boyolali,” imbuh Said.

Tak lupa pihaknya menyinggung untuk tetap menjaga persatuan sesama anak bangsa serta menjaga dasar Negara.

“Terus menerus menjaga ideologi Pancasila, menjaga semangat kesatuan dan menjaga kemerdekaan yang sudah diraih. Menjaga rekatnya, guyub rukunnya satu sama lain. Karena kita semua adalah keluarga besar. Bangsa dan Negara Indonesia. Tetaplah jaga semangat ini. Majulah Boyolali, majulah Jawa Tengah dan Majulah Indonesia,” tegas Said.

Usaia penyelenggaraan upacara, rombongan melanjutkan agenda yang masih menjadi rangkaian di Taman Makam Pahlawan Ratna Negara Boyolali. Pada kesempatan tersebut digelar ziarah kenergaraan sebagai bentuk penghormatan bagi para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa, raga dan segalanya untuk memerdekakan Indonesia.

Kapolres Boyolali, AKBP. Kusumo Wahyu Bintoro menjadi inspektur upacara ziarah dan memimpin jalannya tabor bunga di atas pusara makam para pahlawan kusuma bangsa. (Tim Liputan Diskominfo KabupatenBoyolali)

Berita

Pengumuman

Link SKPD