Berita KA Bandara Tempuh Stasiun Solo Balapan-Bandara 19 Menit, Dua Bulan Operasional Gratis



Posted on: 29 Dec 2019 Oleh Web Admin
BOYOLALI - Akhirnya setelah sekian waktu dibangun, Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo relasi Stasiun Solo Balapan-Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo resmi beroperasi pada Minggu (29/12/2019). Setelah peluncuran ini, selama dua bulan pertama operasi, penumpang Kereta Api Bandara Adi Soemarmo bisa menikmati fasilitas secara gratis.
 
Pengoperasian moda transportasi terintegrasi tersebut ditandai dengan soft launching oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali. Kereta ini istimewa karena dari Stasiun Solo Balapan langsung masuk ke area Bandara Internasional Adi Soemarmo.
 
Dijelaskan Budi, dengan beroperasinya KA ini, waktu tempuh Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara bisa ditempuh hanya dalam 19 menit. Sementara jeda antara kedatangan kereta diperkirakan dalam waktu satu jam.
 
"Dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo waktunya (tempuh) 19 menit," katanya.
 
Dijelaskan lebih lanjut, pengoperasian kereta bandara ini menciptakan integrasi antar-moda transportasi untuk mendukung Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas. Pihanknya berharap pengoperasian KA Bandara Adi Soemarmo dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat lokal dan para turis asing.
 
"Ini adalah salah satu inisiatif mempermudah penumpang-penumpang Bandara yang telah kita lakukan di Medan, Padang, Palembang, dan Jakarta. Dan ini yang kelima," imbuh Budi.
 
Sementara Bupati Boyolali, Seno Samodro yang juga hadir mengatakan bersyukur atas adanya kereta bandara ini. Pihaknya berharap adanya moda transportasi baru ini bermanfaat terutama bagi penumpang pesawat.
 
"Alhamdulillah kereta bandara sudah beroperasi. Sehingga para penumpang pesawat yang masuk ke bandara semakin dimudahkan. Semoga sepur ini bermanfaat," ujar Seno singkat. (dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD