Berita Dana Desa Untuk Penanganan Covid-19



Posted on: 15 May 2020 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) mendapat perhatian serius dari pemerintah. Bahkan di tingkat pemerintah desa diberi kewenangan untuk memanfaatkan Dana Desa (DD) digunakan dalam pencegahan dan penanganan wabah virus ini. Ada tiga jenis peruntukkan DD yang bisa dilaksanakan yakni untuk penanganan Covid-19, Padat Karya Tunai Desa dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Boyolali, Purwanto saat dijumpai di ruang kerjanya pada Jumat (15/5/2020) yang menjelaskan kebijakan ini sesuai petunjuk dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) Republik Indonesia.

Dijelaskan Purwanto, DD yang bisa digunakan ada perhitungan prosentasenya. Bagi desa dengan DD sebesar RP 800 juta ke bawah ini sebesar 25%, kemudian antara Rp 800 juta – 1,2 miliar sebesar 30% dan Rp 1,2 ke atas ini bisa 35%. Pihaknya telah menghitung jumlah DD yang bisa dimanfaatkan untuk penanganan Covid-19 ini mencapai Rp 63 miliar di 261 Desa di Boyolali.

“Menurut perhitungan kami bahwa dana desa yang ada di Boyolali yang akan digelontorkan ini kurang lebih sekitar Rp 63 miliar terkait dengan penanggulangan Covid-19. Jadi untuk penanggulangan Covid-19 ini peruntukan Dana Desa ini adalah tiga. Yang pertama untuk penanganan Covid-19, kedua untuk Padat Karya Tunai Desa dan BLT dana desa,” tegas Purwanto.

Untuk itu pihaknya meminta Pemerintah Desa untuk melakukan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) dalam rangka menetapkan penerima manfaat dari program ini. Bahkan sudah ada satu Desa yang telah mencairkan BLT Dana Desa ini yakni Desa/Kecamatan Andong.

“Sudah ada satu desa yang mencairkan BLT Dana Desa yaitu Desa Andong, Kecamatan Andong, ada 141 penerima manfaat masing-masing menerima Rp 600 ribu dan ini akan dilaksanakan 3 bulan mulai dengan Mei, Juni, Juli,” imbuhnya.

Disinggung mengenai penerima manfaat BLT DD ini, Purwanto menyampaikan petunjuk teknis (juknis) yaitu diantaranya belum mendapatkan bantuan apapun dari berbagai program yang digulirkan pemerintah.

“Kriterianya telah sesuai dengan juknis yang kita buat bahwa untuk penerima BLT DD ini adalah data DTKS [Data Terpadu Kesejahteraan Sosial] non bantuan itu yang belum mendapatkan bantuan baik itu PKH [Program Keluarga Harapan], bantuan pangan non tunai [BPNT] maupun bantuan perluasan PKH sehingga kita akomodir dengan BLT dana desa,” tegasnya.

Pihaknya berharap dengan pemanfaatan DD ini bisa membantu mengatasi kebutuhan pokoknya terutama pangan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Sebagai contoh program Padat Karya Tunai diperuntukkan bagi masyarakat yang terkena PHK atau bagi yang mudik pulang karena tidak punya pekerjaan. Jenis pekerjaan dapat disesuaikan di Desa masing-masing seperti pembangunan fisik talud, selokan atau melakukan pembersihan saluran irigasi dan lain sebagainya. Dengan mengikuti program ini, masyarakat akan diberi upah sebesar Rp 80 ribu per hari yang diharapkan bisa membantu mencukupi kebutuhan keluarga.

Meski sudah ada yang memulai mengucurkan pada bulan Mei, Purwanto mempersilakan Desa yang memulai Juni. Sebagai acauan, pihaknya meminta agar BLT DD ini diberikan hanya untuk tiga bulan saja dan dicairkan setiap sebulan sekali atau tidak boleh diterima dobel pada bulan tertentu.

“Tetapi tidak boleh didobel pemberiannya, tiga atau dua bulan dikasih kan sekali nggak boleh,” tegasnya.

Pihaknya menegaskan agar program ini benar-benar bisa diterima masyarakat yang berhak menerima bantuan. Jadi sangat dimungkinkan terdapat perbaikan data, semisal diperoleh ganda karena juga tercantum dalam program lain. Dalam hal ini pengurus RT atau RW diminta untuk aktif memberikan data terkait warganya yang berhak menerima bantuan.

“Ada usulan dari RT, RW ke desa terkait dengan warganya yang tidak bisa makan, kesulitan makan ataupun yang memang tidak punya pekerjaan tidak bisa makan di sini nanti akan diinventarisir kemudian di Musdesus dan akan diberi bantuan,” tandas Purwanto. (mjk/dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell