Berita WORKSHOP PEMAHAMAN STANDAR DAN INSTRUMEN AKREDITASI



Posted on: 14 Oct 2020 Oleh DINAS KESEHATAN KABUPATEN BOYOLALI

Untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada Kepala Puskesmas dan Ketua Tim Mutu Puskesmas tentang standar dan instrumen akreditasi versi 2018, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali menggelar Workshop Pemahaman Standar dan Instrumen Akreditasi Puskesmas.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yaitu Sadono Wiwoho, SKM, M.Kes (ADMEN), Siti Zuraidah, SKM, M.Kes (UKM) dan drg. Dwi Rusharyati (UKP).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, dr. Ratri S. Survivalina, MPA dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan workshop ini mengingatkan kembali bahwa instrumen akreditasi tetap harus dijalankan, karena essensi akreditasi adalah perbaikan mutu secara berkesinambungan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Ataya, Ngemplak Boyolali ini digelar selama 2 hari dengan peserta sebanyak 30 orang dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan. Kegiatan ini juga digelar secara virtual untuk memberikan akses informasi kepada seluruh karyawan Puskesmas di Kabupaten Boyolali melalui zoom meeting.

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Puskesmas dalam melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan diwilayah kerjanya yang berfungsi menyelenggarakan UKM dan UKP tingkat pertama diwilayah kerjanya, Puskesmas harus melaksanakan manajemen Puskesmas secara efektif dan efisien. Siklus manajemen Puskesmas yang berkualitas merupakan rangkaian kegiatan rutin berkesinambungan, yang dilaksanakan dalam penyelenggaraan  berbagai  upaya  kesehatan  secara  bermutu,  yang harus selalu dipantau secara berkala dan teratur, diawasi dan dikendalikan sepanjang waktu, agar kinerjanya dapat diperbaiki dan ditingkatkan dalam satu siklus “Plan-Do-Check-Action (P-D-C-A)”. Oleh sebab itu, Puskesmas melaksanakan tugas Dinas Kesehatan Kabupaten yang dilimpahkan kepadanya, antara lain kegiatan dalam Standar Pelayanan Minimal   (SPM)   Bidang   Kesehatan   Kabupaten   dan   upaya kesehatan yang secara spesifik dibutuhkan masyarakat setempat (local specific).

Untuk menjamin bahwa siklus manajemen Puskesmas yang berkualitas berjalan secara efektif dan efisien, ditetapkan Tim Manajemen Puskesmas yang juga dapat berfungsi sebagai penanggungjawab manajemen mutu di Puskesmas. Tim terdiri atas penanggung jawab upaya kesehatan di Puskesmas dan didukung sepenuhnya oleh jajaran pelaksananya masing-masing. Tim ini bertanggung jawab terhadap tercapainya target kinerja Puskesmas, melalui pelaksanaan upaya kesehatan yang bermutu.
Upaya kesehatan bermutu merupakan upaya yang memberikan rasa puas pelanggan, dan menghasilkan outcome sebagai bukti objektif dari mutu layanan yang diterima pelanggan. Oleh karena itu Puskesmas harus menetapkan indikator mutu setiap pelayanan yang dilaksanakannya atau mengikuti standar mutu pelayanan setiap program/pelayanan yang telah ditetapkan, yang dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan. 

Demikian kesimpulan acara workshop pemahaman standar dan instrumen akreditasi Puskesmas yang telah dilaksanakan selama 2 (dua)  hari di Hotel Ataya, Ngemplak - Boyolali. Semoga semua Puskesmas di Kabupaten Boyolali dapat mengimplementasikan standar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara berkesinambungan dan bermutu.

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell