Berita RKPD, Prioritaskan Target sesuai Kemampuan Daerah



Posted on: 08 Mar 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Arah pembangunan di Kabupaten Boyolali pada tahun 2019, masih akan berfokus pada visi misi Boyolali Water City, Boyolali Green City, dan Boyolali Smart City serta penurunan angka kemiskinan yang ada di Boyolali. Untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Boyolali, maka diharapkan peran yang baik dari seluruh lini terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M.Said Hidayat saat membuka Forum Gabungan OPD Kabupaten Boyolali tahun 2018 dalam rangka membahas usulan kegiatan tahun 2019 pada bidang Pemsosbud, Ekonomi dan Infranstruktur hasil Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam). Agenda tersebut dimaksudkan untuk pembahasan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019 yang digelar di Pendopo Gede Kabupaten Boyolali, pada Kamis (8/3).

Wabup Said menjelaskan langkah – langkah yang sudah berjalan dengan baik pada tahun sebelumnya, dapat dijadikan panduan untuk perencanaan di tahun berikutnya. Sehingga dengan adanya usulan yang telah diajukan pada saat Musrenbangdes, dapat direncanakan dengan lebih matang sesuai dengan target prioritas.

“Satu alur yang secara rutin kita lakukan, kita mendengar usulan dari bawah, sehingga apa yang menjadi usulan tersebut akan terencana dengan baik sesuai dengan prioritas yang menjadi target tujuan Pemkab Boyolali,” jelasnya.

Selain itu masih menurut Wabup Said meminta semua usulan yang telah diajukan, didukung dengan data penyajian yang riil di lapangan. Hal tersebut guna target pembangunan dapat cepat dan tepat sasaran. Karena berdasarkan data yang telah dikumpulkan, jumlah keseluruhan usulan yang masuk saat Musrenbangdes sangat banyak, yakni 310 usulan.

“Dari usulan yang masuk inilah kita minta data – data kondisi di lapangan, kemudian kita tentukan target prioritas, sehingga kita fokuskan pada prioritas dengan melihat kemampuan keuangan daerah,” lanjutnya.

Selanjutnya Wabup juga meminta Kepala Desa dapat memprioritaskan usulan masing-masing desa. Sehingga untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Boyolali, perlu diskusi dan koordinasi untuk menyamakan langkah langkah pembangunan.

Kepala  Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Boyolali, Nur Kamdani dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian proses Musrenbang yang difasilitasi  oleh Pemkab Boyolali. Kegiatan diawali dari pelaksanaan Musrenbang Desa dan Kecamatan yang telah dilaksanakan pada Januari hingga Februari yang lalu.

“Kegiatan ini untuk menyamakan langkah arah pembangunan Kabupaten Boyolali. Salah satu sasarannya yakni penguatan aktivitas pelayanan berbasis tekonologi informasi untuk mendukung program Boyolali Smart City. Serta menguatkan partisipasi masyarakat dan pengoptimalisasian kemandirian wilayah untuk mewujudkan daya saing yang tinggi di bidang pendidikan dan kesehatan,” terangnya. (dst/bet)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell