Berita DINKES SELENGGARAKAN SOSIALISASI DAN ADVOKASI HEPATITIS BAGI PETUGAS KESEHATAN

Posted on: 06 Aug 2018 Oleh DINAS KESEHATAN KABUPATEN BOYOLALI

          Boyolali. Dalam rangka deteksi dini terhadap penyakit Hepatitis B dan C, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali selenggarakan sosialisasi dan advokasi tentang penyakit Hepatitis B dan C pada hari Selasa tanggal 31 Juli 2018. Acara tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB di Aula Setda Komplek Perkatoran Terpadu Kabupaten Boyolali. Sosialisasi dan Advokasi tersebut diadakan guna untuk menyongsong eliminasi Hepatitis penularan dari ibu ke bayi tahun 2020.

       Dari pertemuan tersebut akan ada tindak lanjutnya diantaranya pemeriksaan dalam ANC terpadu adalah cek HBsAG pada ibu hamil di trimester 1 kehamilan. Target dari pemeriksaan tersebut diantaranya adalah ibu hamil, Tenaga Kesehatan, Populasi kunci (WPS, LSL, TG, Penghuni lapas) dan orang yang serumah dengan pasien HBsAG. Untuk pemeriksaan HBsAg dapat dilaksanakan di FKTP atau FKRTL milik pemerintah maupun Swasta, bila hasil konfirmasi Hepatitis B reaktif maka pasien harus dirujuk ke Rumah Sakit untuk penanganan lebih lanjut dan penanganan selanjutnya sesuai dengan SOP Rumah Sakit rujukan.

        Bayi yang dilahirkan dari bu yang Hepatitis B reaktif diberikan HBIG, Vitamin K dan Vaksinasi HB 0 kurang dari 12 jam setelah kelahiran dan vaksinasi Hepatitis berikutnya sesuai Program Imunisasi Nasional. Bayi yang dilahirkan dari ibu dengan HBsAG non reaktif di berikan Vitamin K dan HB 0 kurang dari 12 jam setelah kelahiran dan Vaksinasi Hepatitis B berikutnya sesuai Program Imunisasi Nasional. Dan selanjutnya pencatatan dan pelaporan Hepatitis, diare, typoid wajib dilakukan oleh FKTP atau FKRTL dan dilaporkan ke Dinas Kesehatan ke Seksi P2M Bidang P2P.

DOKUMENTASI :

     

     

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız