Berita DINKES BERSAMA PUSKESMAS BANYUDONO 1 SELENGGARAKAN PERTEMUAN SOSIALISASI LINTAS SEKTOR TERKAIT PROGRAM IMUNISASI

Posted on: 07 Aug 2018 Oleh DINAS KESEHATAN KABUPATEN BOYOLALI

        Boyolali. Pada hari Rabu tanggal 1 Agustus 2018, Dinas Kesehatan Boyolali bersama dengan Puskesmas Banyudono 1 mengadakan pertemuan Sosialisasi Advokasi lintas sektor terkait program imunisasi bertempat di Pendopo Kecamatan Banyudono. Dewasa ini ancaman penyakit semakin berkembang, baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular. Potensi penyebaran penyakit menular semakin besar dengan tingginya mobilitas penduduk. Salah satu kelompok penyakit menular yang selalu menjadi ancaman adalah Penyakit-penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Imunisasi merupakan cara yang paling Cost Efektif untuk mencegah PD3I.

     Cakupan imunisasi di Kabupaten Boyolali sudah mencapai target yang di tetapkan, namun karena sasaran program imunisasi selalu berubah, sangat diperlukan adanya pemahaman kepada setiap orang tentang pentingnya imunisasi. Sebagaian besar PD3I belum ada obatnya dan cara yang paling efektif adalah dengan untuk menghindarinya adalah dengan Imunisasi. Tujuan dari Imunisasi adalah memberikan kekebalan secara aktif kepada setiap sasaran.

       Imunisasi bukan saja melindungi sasaran yang di imunisasi, tetapi cakupan imunisasi akan memberikan kekebalan secara luas (Herd Imunity). Dengan cakupan imunisasi yang tinggi, masyarakat di wilayah tersebut ikut terlindungi dari PD3I. Jika ada individu yang tidak terimunisasi di suatu daerah dan berkunjung ke daerah rawan/yang sedang terjangkit PD3I maka individu tersebut akan berisiko tertular.

DOKUMENTASI :

    

Berita

Pengumuman

Link SKPD