Berita DINKES BOYOLALI TINGKATKAN KINERJA MELALUI WORKSHOP AUDIT INTERNAL DAN TINJAUAN MANAJEMEN

Posted on: 20 Nov 2018 Oleh DINAS KESEHATAN KABUPATEN BOYOLALI

       Surakarta. Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali menggelar kegiatan Workshop Audit Internal dan Rapat Tinjauan Manajemen yang berlangsung di The Sunan Hotel Solo selama 3 (tiga) hari pada tanggal 15–17 November 2018. Kegiatan ini ditujukan untuk mempersiapkan Akreditasi Puskesmas dari 13 Puskemas yang akan menjalani survei ulang pada tahun 2020. Peserta workshop sebanyak 90 orang terdiri dari Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) Dinas Kesehatan beserta Kepala Puskesmas, Kasubbag Tata Usaha,  Ketua Tim Mutu, Ketua dan Anggota Tim Audit Internal Puskesmas.

      Dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Waskitho Rahardjo, SH bahwa kegiatan workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dalam upaya mewujudkan pelayanan yang bermutu di masing-masing Puskesmas. Audit internal merupakan salah satu mekanisme untuk menilai kinerja Puskesmas yang dilakukan oleh tim audit internal yang dibentuk oleh Kepala Puskesmas berdasarkan standar/kriteria/target yang ditetapkan. Sedangkan Rapat Tinjauan Manajemen merupakan wahana untuk melaksanakan evaluasi terhadap sistem manajemen mutu dari tim survei, tim manajemen komplain, tim manajemen risiko dan tim audit internal itu sendiri. Goal dari kegiatan ini untuk monitoring dan penilaian kinerja yang dilakukan sebagai wujud akuntabiltas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Berbagai mekanisme monitoring dan penilaian kinerja dapat dilakukan baik melalui supervisi, laporan capaian kinerja, audit, lokakarya mini bulanan, lokakarya mini triwulan, penilaian kinerja semester, dan penilaian kinerja tahunan.

       “Karenannya, kegiatan ini akan membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Puskesmas sehingga mutu dan kinerja seluruh karyawan Puskesmas dapat lebih meningkat”  ujarnya. Selain itu, diharapkan dengan mengikuti workshop ini juga akan meningkatkan pengetahuan dan kualitas seluruh Tim Puskesmas dan Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) Dinas Kesehatan Kabupaten dalam menerapkan ilmu atau materi yang didapat sehingga permasalahan yang dihadapi bisa ditindaklanjuti dan diselesaikan. 

  

       Materi yang diberikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr. Djoko Mardijanto dan Sadono Wiwoho, SKM, M.Kes antara lain meliputi kebijakan dasar akreditasi Puskesmas, konsep audit, peran dan kompetensi auditor, rapat tinjauan manajemen serta materi tentang menyusun rencana audit internal. Selain itu, peserta juga melakukan diskusi dan simulasi penerapan pelaksanaan audit serta rapat tinjauan manajemen.

      Selama 3 (tiga) hari pelaksanaan workshop, peserta tampak antusias dan sangat aktif bertanya terkait strategi implementasi audit internal dan rapat tinjauan manajemen, cara menyusun dokumen telusur hingga mempersiapkan simulasi untuk diimplementasikan di tempat tugas masing-masing.

    

       Pada acara penutupan Kepala Dinas Kesehatan dr. Ratri S. Survivalina, MPA berpesan dengan dilaksanakannya kegiatan workshop ini dapat menambah bekal ilmu pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi dalam menyiapkan semua aspek dalam pelaksanaan audit internal yang akan dibahas dalam Rapat Tinjauan Manajemen.

Berita

Pengumuman

Link SKPD