Berita DINAS KESEHATAN KABUPATEN BOYOLALI MENYELENGGARAKAN RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN (RTM)

Posted on: 12 Dec 2018 Oleh DINAS KESEHATAN KABUPATEN BOYOLALI

        Boyolali. Hari Sabtu 8 Desember 2018 Dinas Kesehatan menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Semester 2 Tahun 2018 bertempat di RM. Elangsari Boyolali. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam memenuhi Standar Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2015 di lingkungan Dinas Kesehatan.

     Seraya membuka acara ini, Sekretaris Dinas Kesehatan Waskitho Rahardjo SH selaku Management Representative (MR) menyampaikan pentingnya RTM ini untuk membahas tindak lanjut hasil-hasil evaluasi pencapaian Sasaran Mutu, Audit Internal, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Manajemen Komplain dan Manajemen Risiko. Sesuai dengan klausul 5.6 yang menyebutkan bahwa pimpinan puncak harus meninjau sistem manajemen mutu organisasi secara periodik dan terencana untuk memastikan, kecukupan dan efektifitasnya terus berlanjut. Yang muaranya adalah untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik guna mewujudkan “Good Governance”.

      Acara ini dihadiri oleh seluruh karyawan Dinkes yang telah berkomitmen untuk bekerja sepenuh hati dengan keikhlasan, berkualitas dari sisi mutu hasil kerja, kompetensi maupun profesi serta berintegritas. Hal ini sejalan dengan budaya kerja yang telah ditanamkan yaitu Disiplin (tepat waktu), Berani (menyampaikan kebenaran), Setia (loyal pada institusi) dan Berakhlak Mulia.

  

     Dari pembahasan evaluasi Sasaran Mutu, Audit Internal, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), dan Manajemen Komplain dihasilkan beberapa rekomendasi untuk peningkatan mutu pelayanan di Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali berupa Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang telah dikonfirmasi langsung oleh Top Management (Kepala Dinas Kesehatan) dr. Ratri S. Survivalina, MPA dengan beberapa penekanan diantaranya :

  1. Sasaran Mutu yang mengacu pada 12 indikator SPM yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja program-program kesehatan.
  2. Inovasi pembuatan aplikasi software PK/IK secara online, sehingga PK/IK yang menjadi pedoman pemberi pelayanan publik dapat bekerja secara real-time.
  3. Evaluasi untuk perencanaan program, pelaporan program dan konsultasi program.
  4. Aspek lain yang harus ditekankan yaitu : Tata Graha dengan 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) serta Pelatihan Komunikasi Efektif bagi SDM.

  

      Sekaligus menutup acara, Top Management (TM) dr. Ratri S. Survivalina, MPA memberikan apresiasi atas segala upaya yang telah dilakukan oleh seluruh jajaran Dinas Kesehatan untuk terus meningkatkan kinerja dan perbaikan dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.

Berita

Pengumuman

Link SKPD