Berita NQA RECOMMENDED ISO DINKES KAB. BOYOLALI TAHUN KEDUA

Posted on: 26 Dec 2018 Oleh DINAS KESEHATAN KABUPATEN BOYOLALI

       Boyolali. Opening Meeting Audit Eksternal dari Lembaga Internasional NQA yang dilakukan oleh Expert Auditor Rohaya AMK, SE, MKes dan Riesthandie, S.Si dilaksanakan pada hari Kamis 20 Desember 2018 di aula Dinas Kesehatan. “Penerapan ISO di Dinkes Boyolali sudah menginjak tahun kedua, kami yakin optimal dalam melakukan “Continuous Improvement” dan sudah menerapkan kebijakan manajemen resiko dalam setiap perencanaannya.

         Rohaya menjelaskan, dirinya dan Riesthandie selama satu hari akan melakukan audit melalui komunikasi dengan seluruh Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Kepala Subbagian untuk melihat bagaimana masing-masing bagian tersebut melakukan proses perencanaan, menetapkan tujuan dan menetapkan sasaran mutu dengan benar dan didukung dokumen telusurnya.

        Dalam melaksanakan tugasnya, kedua Auditor membagi sasaran audit pada empat bidang, tiga subbag dan dua belas seksi. Audit yang dilakukan menekankan pada proses Plan Do Check Action ( PDCA ) pada masing-masing program dengan mencermati dokumen Prosedur Kerja, Instruksi Kerja, Sasaran Mutu  dan cara pencapaian dari sasaran mutu tersebut. Ia juga menambahkan selain penekanan organisasi pada proses PDCA, Auditor juga mencermati proses 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin yang secara harfiah hal tersebut tidak boleh dibolak-balik.

        

           Pada sore hari setelah melakukan Audit dokumen ISO, mereka menyampaikan hasilnya pada acara Closing Meeting yang dihadiri oleh Top Manajemen, Tim Pendamping Gama Solution, Lintas Sektor, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Boyolali dan seluruh staf Dinkes Boyolali. Terkait dengan kegiatan yang dilakukan oleh Sekretariat dari Pemerintah Kabupaten Boyolali di wakili oleh asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat berharap Manajemen Representatif pada saat Rapat Tinjauan Manajemen melakukan evaluasi  hasil audit internal dan penetapan tindak lanjut penyelesaian temuan agar masalah tersebut tidak menjadi temuan yang sama dikemudian hari.

        Dari hasil kajian mendalam Tim Auditor NQA Rohaya menyimpulkan bahwa penerapan ISO di Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali berjalan dengan baik, kondisi 5R memuaskan selama proses Audit, namun terdapat temuan 5 Minor dan 14 Observasi yang tetap harus dilakukan penyempurnaan. NQA memberikan rekomendasi terhadap Penerapan Manajemen Mutu ISO 9001-2015 di Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, dengan catatan semua temuan tersebut ditindak lanjuti oleh organisasi paling lambat 14 hari.

       Dalam sambutannya Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Boyolali, Bony Facio Bandung, S.Sos, M.Si sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas hasil ISO Dinkes. Di Kabupaten Boyolali, baru Dinkes Boyolali yang menjalani sertifikasi ISO. Diharapkan adanya beberapa temuan minor dan observasi agar segera diperbaiki dan ditindaklanjuti.

       Kepala Dinas Kesehatan dr. Ratri S. Survivalina, MPA mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelulusan ISO 9001:2015 sehingga didapatkan hasil yang memuaskan. Hal ini selaras dengan Puskesmas yang telah menjalani peningkatan mutu dengan Akreditasi. Terkait dengan mutu harapannya dapat menjadi pegangan dalam tugas sehari-hari. Menanggapi hasil audit tersebut Kadinkes berharap audit ini menjadi momentum peningkatan pelayanan di Dinkes lebih  baik lagi dan semua jajaran melakukan perbaikan berkelanjutan supaya menjadi budaya mutu bagi pimpinan dan staf.

          

Berita

Pengumuman

Link SKPD